Halaman

Kamis, 23 Desember 2010

Kenali gejala serangan jantung


Setiap orang yang mengalami serangan jantung akan merasakan keluhan yang tentunya berbeda. Namun, umumnya seseorang akan merasakan beberapa hal spesifik seperti:
        1.       Nyeri dada. Otot kekurangan suplai darah (disebut kondisi iskemi) yang berdampak kebutuhan oksigen oleh otot berkurang. Akibatnya terjadi metabolism yang berlebihan yang menyebabkan kram atau kejang. Nyeri dirasakan di dada bagian tengah, dapat menyebar ke bagian belakang dada, ke bagian pangkal kiri leher dan hingga lengan atas tangan kiri. Beberapa pasien  mungkin mengalami nyeri di bagian atas perut (pangkal tulang iga tengah bahkan lambung). Nyeri  lebih hebat dan tidak hilang meski tidak diistirahatkan atau diberi obat nyeri jantung (Nitroglycerin). Inilah yang dinamakan agina, penderita merasakan gelisah dengan sesak di dada dan seperti merasa dada di remas-remas. Beratnya nyeri setiap orang berbeda, bahkan beberapa orang yang mengalami suplai darah jantung berkurang mereka tidak merasakan apa-apa.
2.       Sesak nafas. Biasanya dirasakan oleh orang yang mengalami gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner)
3.       Kelelahan atau kepenatan. Adanya kelainan jantung dapat menimbulkan pemompaan jantung yang tidak maksimal. Akibatnya suplai darah ke otot tubuh saat melakukan aktifitas akan berkurang. Hal ini menyebabkan penderita merasa lemahdan lelah. Gejala seperti ini bersifat ringan, penderita hanya berusaha mengurangi aktifitasnya saja dan beranggapan bahwa itu proses penuaan saja.
4.       Adanya perasaan berdebar-debar (palpitasi)
5.       Pusing dan pingsan. Hal ini merupakan gejala awal dari penderita penyakit serangan jantung. Penurunan aliran darah karena denyut atat irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.
6.       Kebiru-biruan pada bibir, jari tangan dan kaki sebagai tanda aliran darah yang kurang adekuat ke seluruh tubuh.
7.       Keringat dingin secara mendadak, dan lainnya seperti mual dan perasaan cemas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar