Halaman

Minggu, 12 Desember 2010

Ambeien, penyakit terpopuler di asia tenggara

     Ambeien merupakan penyakit dengan tingkat penderita paling banyak di asia tenggara. Dalam satu hari, rumah sakit umum internasional Tropicana Medical Centre(TMC) Malaysia yang terletak di kota Damansara, Petailing jaya, Selangor mendapatkan satu pasien baru pengidam ambeien. Mereka datang dari berbagai negara di Asia tenggara.
     Menurut dokter spesialis operasi umum dan pencernaan TMC Malaysia, dr Kwan Keat Leong, sabtu 4 desember, penyakit ambeien banyak disebabkan pola makan masyarakat Asia Tenggara yang kurang mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga kurang minum air. Faktor lain dikarenakan banyak masyarakat yang memiliki kebiasaan buruk saat buang air besar(BAB).
     Penyakit ambeien ini juga banyak dijumpai karena banyak masyarakat takut berkonsultasi soal penyakit ambeien. Ia malu. "Sebab mereka merasa penyakit ini mendatangkan malu, kalau tidak sampai tingkat yang teruk maka mereka tak nak jumpe dokter,"Tutur Kwan.
     untuk menghindari masalah ambeien, Kwan memberi tips,"jangan risau datang ke dokter, karena rawatannya bergantung pada tahapnya. Bila dah teruk, rawatannya pun  berbeda. Bila masih dalam tahap fase kedua kita boleh ikat ambeien itu. Bila sudah sampai fase tiga atau empat baru akan ada pembedahan,"sebutnya.
     Pria berkacamata tersebut juga mengimbau kepada para penderita ambeien agar tidak mempercayai mitos, dan melakukan pengobatan secara tradisional. "Setiap hari saya akan ada satu case baru yang berkaitan dengan ambeien, dan umunya sudah dalam masa yang teruk. Pasalnya, mereka pada awalnya percaya pengobatan tradisional yang pada akhirnya tidak menyembuhkan,"kata Kwan menambahkan, bahwa ambeien salah satu penyakit paling populer di Asia Tenggara selain  kanker payudara dan mag.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar